Keliling Singapura Jangan Lupa Singapore Tourist Pass

By Food Travel Zone - December 22, 2017

Untuk kedua kalinya saya ke Singapura pada Bulan April 2017 lalu. Pertama ke Singapura 2002. Tentu perbedaan kondisinya terlihat jelas. Makanya pangling banget saat berkunjung yang kedua kalinya.

Kali ini, kunjungan karena ada undangan menghadiri event seminar selama dua hari. Tentunya ini berkah ngeblog karena seluruh akomodasi dibiayai pihak penyelenggara. Biar ada teman, saya mengajak Sekar ikut serta. Lumayan kan, tinggal mengeluarkan biaya tiket pulang pergi saja untuk Sekar.

Karena budget semua akomodasi diserahkan ke saya, jadi saya bisa mengatur tiket, hotel, transportasi selama di sana secara mandiri. Jika pintar-pintar menghemat kan lumayan banyak lebihnya (otak akuntansi mulai jalan hahaha).

Dari jauh hari, tepatnya dua minggu setelah menerima undangan, saya sudah cari banyak informasi baik melalui teman yang sering ke sana maupun dari blog orang lain yang mengulas tenang Singapura.

Persiapan yang harus dilakukan jika ke Singapura harus matang. Ini penting karena menyangkut budget jika ingin pengeluaran wajar, kalau bisa hemat tapi jalan-jalan tetap happy.

Tukar Mata Uang Dolar Singapura di Money Changer terpercaya dengan nilai tukar yang tidak merugikan kita. Money Changer yang worth bisa dicari informasinya dari teman yang sering menukarkan mata uang asing. Jangan melalui calo.

Beli tiket pesawat pulang pergi, Biar lebih tenang. Pilih saja pesawat sesuai kemampuan anggaran. Menurut saya, pesawat-pesawat dengan harga miring juga termasuk bersih dan nyaman. Yang penting bukan di dalam pesawatnya tapi daerah tujuannya. Kita niat ke Singapura ingin melihat pemandangan dan budaya masyarakatnya kan?

Pilih hotel dekat Stasiun MRT atau Terminal Bus, Jika hotel lokasinya dekat stasiun MRT atau terminal bus, apalagi jika menggunakan Sngapore Tourist Pass, akan memudahkan saat ingin menjelajah Singapura dan tidak perlu mengeluarkan budget tambahan taksi.

Colokan Kaki Tiga, Barang ini sepele tapi penting. Buat charger handphone atau laptop, saklarnya di sana biasanya ada tiga lubang. Maka dari itu bawa dari rumah saja jika tak mau jebol karena harus beli colokan di sana. Tapi untungnya, hotel tempat saya menginap menyediakan colokan kaki tiga ini dan bisa dipinjam.

Bawa sandal teplek atau sandal jepit, Biar acara jalan-jalannya nyaman karena menikmati pedestrian di sana lebih asyik jadi jangan ganggu keasyikkan dengan sepatu lecet.

Imigrasi, Siapkan paspor dan formulir yang harus diisi. Supaya proses imigrasi lancar, ketika melewati pintu pemeriksaan, sebaiknya jam tangan, handphone, ikat pinggang dan sepatu yang mengandung material besi dilepas saja. Biarkan masuk satu paket dalam area pemeriksaan.

Dalam Airport, Bandara Changi luas dan terbagi antara Terminal 1,2 dan 3. Karena saya dan Sekar tiba di Terminal 1 dan harus membeli Singapore Tourist Pass di Terminal 3, maka kami naik Sky Train yang disediakan gratis. Sebelum naik Sky Train, sebaiknya nikmati dulu suasana Changi yang moderen dan asri. Setiap sudut terdapat kebun-kebun dengan tumbuhan asli. (Gak apa-apa norak. Belaga cool saja tapi di hati jerit-jerit).

Membeli Singapore Tourist Pass (STP) sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Ada pilihan untuk ini. Bisa beli untuk 1,2 atau 3 hari dan ini unlimited! Bisa digunakan untuk MRT dan Bus. Dengan paket ini, kartu berlaku unlimited mau naik MRT atau Bus sampai keliling Singapura juga tetap harganya segitu.

Kalau saya, pilih untuk dua hari karena di sana cuma tiga hari dua malam. Harga STP untuk dua hari per orang nya adalah SGD 26. Dengan rincian, SGD 16 untuk tarif unlimited dan SGD 10 untuk deposit. Uang deposit ini bisa dikembalikan pada saat masa berlaku kartu habis. Jadi, lumayan kan?
Cara menggunakan STP ini tinggal Tap saja untuk MRT seperti di pintu KRL atau Transjakarta. Kalau Bus, tap kartunya di dalam pintu masuk di dekat sopir jika turun, tap kembali di pintu ke luar di tengah bus.

Walaupun di Singapura kebanyakan ramah warganya, tapi tidak semua. Kalau gak mau bete karena dijawab ketus atau direspon buang muka, mendingan andalkan saja peta jalur bus atau MRT yang dikasih saat membeli STP. Di Singapura gak perlu takut kalau tersesat. Aman sentosa pokoknya.

Saya dan Sekar sampai di Singapura jam 5 sore waktu setempat. Kami langsung check in hotel taruh barang lalu balik ke Bugis Street. Jalan-jalan dan kelilng Singapura naik bus sampai Sembawang yang jauh entah di mana. Sebab kami keliling naik bus dari pukul 8 malam hingga 12 malam. Sampai di terminal Bugis Street, kami sengaja tidak nyambung bus lagi tapi jalan kaki ke hotel. Jam 12 malam masih seliweran orang pulang kerja. Gak ada takutnya walau jalan kaki tengah malam.

Apalagi jika punya STP. Tinggal naik MRT atau Bus nyambung-nyambung gak perlu bayar lagi. Oh ya, MRT dan Bus beroperasi hingga pukul 12.30 waktu setempat. Paginya mulai pukul 05.00 kembali beroperasi.

Lokasi acara saya di Marina Bay Sands, maka saya dan Sekar memilih menginap di daerah Bugis tepatnya di Jalan Sultan. Biar dekat ke pusat perbelanjaan dan kuliner Bugis Street ceritanya. Padahal kami berdua gak hobi belanja. Tapi ya, seru saja. Dan jika ke acara utama, tidak begitu jauh. Hanya terpaut tiga stasiun saja dari hotel.

Di sana nyaman sekali buat jalan kaki. Tertib dan bersih. Di sepanjang jalan terdapat mural-mural menarik untuk difoto. Oh ya, di sepanjang Jalan dari Stasiun MRT Bugis Street menuju Jalan Sultan, banyak hal menarik yang membuat saya berhenti sejenak di setiap tempat.

Misalnya, di pinggir jalan ada pemakaman penduduk rumpun Melayu yang model nisan nya seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada Masjid Malabar yang terlihat banyak aktivitas di dalamnya. Lalu ada restoran sup tulang yang kesohor di sana juga ada museum sejarah.

Biarpun punya STP, jangan lewatkan untuk menikmati Singapura dengan berjalan kaki karena begitu banyak hal menarik yang bisa ditemui.

Makanan, di Singapura tak susah menemukan makanan halal sebab di sana banyak restoran Muslim atau Budha yang umumnya makanannya halal. Penjual makanan di sana juga suka memberitahu tempat mana yang halal. Jadi, cukup tenang untuk soal makan.

Laksa

Jika ke negara tetangga, menu wajib saya adalah Laksa. Sajian Mie berkuah santan dengan bumbu rempah yang khas dibubuhi limau kesturi, jeruk kecil yang asam dan membri efek gurih. Laksa sering membuat saya kangen. Laksa Singapura dan Laksa Malaysia tak jauh berbeda.

Saya pertama kali menyantap laksa di Johor. Ternyata laksa di setiap daerah rasanya berbeda. Kalau di Johor, laksa memakai daum kesum yang wanginya khas. Sepertinya saya belum menemukan daun kesum di Indonesia. Kalau limau kesturi saya pernah temui di Bengkulu dan Kalimantan. Di Bengkulu, namanya jeruk kalamansi. Selain untuk penyedap makanan jeruk ini bisa sebagai bahan pembuat minuman.

Salah satu mural pinggir jalan

Pusat Belanja Bugis Street

Belanja

Hati-hati kalau ke Bugis Street, mata uang dalam jumlah satuan dolar yang jauh sama nilai rupiah yang satuannya bisa ribuan hahaha. Misalnya ada barang harganya SGD 3 atau SGD 5 hati-hati, itu bukan 3 ribu atau 5 ribu rupiah tapi puluhan ribu. Kalau lupa ngitung bisa kalap soalnya.

Menurut saya, kalau belanja baju, tas dll mendingan di Indonesia saja. Soalnya barang-barangnya di sana kebanyakan Made In Indonesia terutama dari Bandung.

Tapi kalau belanja oleh-oleh makanan seperti cokelat, permen ya oke lah. Harganya juga lumayan miring dibanding harga di Indonesia.
Untuk cerita lainnya ditunggu di artikel selanjutnya ya.