Kopi Pasir Turkish

By Food Travel Zone - January 20, 2019


Kopi Pasir Turkish


Secangkir kopi panas dengan aroma yang khas selalu memberikan energi positif dalam berpikir maupun bertindak. Sebuah ide besar, bahkan akan hadir ketika otak dirangsang dengan aroma kopi yang membuat melek.

Apalagi jika ngopi dengan cara masak yang tak biasa, sekaligus experience langsung cara memasaknya. Pasti bikin acara ngopi jadi semakin asyik.

Tempat ngopi ini ada di Kawasan Cirendeu Raya No.51 Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Inisiasi dari Fachri Yulizar bersama rekannya Nova Marlis dan Ustadz Andian Parlindungan, pegiat kuliner yang menjadikan hobinya ini menjadi bernilai bisnis. Setelah Martabak Gooloong, Fachri  dan rekan terinspirasi dengan Kopi a la Turki yang dimasak dengan menggunakan pasir panas dengan suhu konsisten.

Fachri Yulizar, Salah satu Founder Kopi Pasir Turkish

Cara masak kopi di atas pasir panas menggunakan Ibrik

Fachri bercerita bahwa Ia menguji coba resep Kopi Pasir Turkish ini selama setahun sampai akhirnya membuka gerai. Tak perlu lama untuk mengenalkan kepada masyarakat, dari pengalaman pelanggan ngopi di sana, sudah tersebar dari mulut ke mulut. Sehingga gerai Kopi Pasir Turkish yang baru berjalan satu bulan ini sudah dipenuhi pengunjung setiap harinya.

Nova Marlis Founder Kopi Pasir Turkish lainnya yang saya temui mengatakan bahwa pengunjung yang datang dari semua umur. Mereka biasanya datang berombongan. 

“Bukan Cuma ngopi, mereka biasanya sambil foto-foto, mencoba masak kopi sendiri sambil upload ke sosial media masing-masing. Atau ada pula yang datang untuk meeting di sini.”
“Ke depannya, kami juga akan menyediakan VIP Room yang eksklusif untuk para tamu yang ingin suasana lain.” Tambah Ibu Nova.

Untuk pembuatan Kopi Pasir Turkish ini, bahannya sama dengan bahan untuk membuat kopi seperti biasanya. Hanya cara memasaknya saja yang berbeda. Untuk rasa juga sangat berpengaruh karena panas yang dihasilkan oleh pasir lebih konsisten dibanding dipanaskan langsung di kompor.

Kopi yang tersedia terdiri dari :

Kopi Pasir Turkish : Turkish Coffee, Turkish Gula Aren, Clasic Turkish Coffee (Cardamon Syrup) or Cardamon Powder dan Americano.

LATTE : Coffee Latte Hot, Cold, Vanila Latte Hot, Cold, Caramel Latte Hot, Cold, Green Tea Latte Hot, Cold, Red Velvet Hot, Cold, Chocolate Latte Hot, Cold, Mocca Latte Hot, Cold.

Cappucino : Cappucino Hot, Cold, Caramnel Machiato Hot, Cold, Moccacino Hot, Cold.

Espresso : Espresso, Double Espresso, Espresso Machiato

Others : V60, Japanese Drip

Untuk menu tersebut, pramusaji akan menanyakan dulu kopi apa yang diinginkan pengunjung. Jadi tak serta merta menawarkan best seller karena semua produk dianggap unggul dan punya kelebihan.

“Setiap pembeli kopi, akan kami tanya dulu sekaligus kami edukasi bahwa kopi yang disajikan nantinya akan seperti apa rasanya dan terbuat dari kopi dengan campuran apa. Karena untuk Turkish Coffee misalnya, aroma kopinya ada tambahan rempah khas. Tak semua orang suka dengan cita rasa kopi tersebut. Jadi kami akan memberikan gambaran dulu sebelum mereka memutuskan untuk memesan.” Kata Ibu Nova.

Peralatan yang wajib ada untuk membuat Kopi Pasir Turkish ini terdiri dari Ibrik (Tempat memasak kopi berbentuk gelas dengan cekungan ke dalam dan mengerucut ke atas.

“Biasanya yang dipakai ibrik ukuran kecil. Namun ketika orderan ramai, kami pakai ibrik ukuran besar berkapasitas 8 porsi.”

Sedangkan kopi yang digunakan, bermacam-macam. Ada Kopi asli dari Turki dengan cita rasa rempahnya, Kopi Gayo dan beberapa jenis kopi dari beberapa tempat yang ada di Indonesia.

Mencoba masak kopi sendiri
Beef Burger teman ngopi 


Sebagai teman ngopi, ada juga snack seperti Burger, Kentang goreng dan lain-lainnya. Jadi, gak hambar dan terhindar dari rasa lapar.

Pelayanan yang dikedepankan, selain menghadirkan cita rasa kopi yang khas, Kopi Pasir Turkish juga memfasilitasi pengunjung untuk merasakan sendiri membuat kopi meggunakan pemanas pasir sambil mengisi konten sosial media nya.

Harga pun cukup bersahabat, mulai Rp.8000 Rupiah per porsinya. Ngopi di sana benar-benar menyenangkan, selain mendapat aroma rasa kopi khas, punya pengalaman suasana ngopi yang unik, harga bersahabat, dapat edukasi. Kopi Pasir Turkish juga menerima pesanan online untuk berbagai event. 

Selain itu, ngopi di sana juga secara langsung ikut beramal. Karena Fachri Yulizar, pemilik usaha ini membiayai anak yatim yang ada di sekitarnya.

Kopi Pasir Turkish
Jl.Cirendeu Raya No.51 Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan
WA 087781511276
Buka selama 24 jam setiap hari.



  • Share:

You Might Also Like

64 comments

  1. Kelihatan nikmat ya kopinya teh, sayang sekali saya gak suka kopi meski berasal dari daerah penghasil kopi

    ReplyDelete
  2. Asik banget itu cara meramu kopinya. Ada perbedaan rasa ngga Teteh dg kopi yg dibuat dgn cara seperti biasa? Di seduh dg air panas mksdnya. Jadi penasaran bgt pngn nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya lebih merata karena panasnya pasir konsisten Mba :)

      Delete
  3. Aku dari dulu tuh penasaran ama tampilan kopi Turkish serta rasanya. Apalagi cara masaknya di atas pasir gitu. Ntar kapan kapan ke Tangeran mau nyoba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Depok deket Mba ini kan di Cirendeu Tangsel nya perbatasan cinere

      Delete
  4. Masyaa Allah mbak, mulia sekali ya pemilik usahanya, mau membiayai anak yatim. Noted nih alamatnya, siapa tau lagi kebetulan berada di daerah Ciputat. Semoga usaha beliau makin lancar dan sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mba. Iya jangan lupa mampir kalau ke Ciputat Mba :)

      Delete
  5. Wah keren, bisa menyalurkan hal yg disukai ke amal.. dari kopiii
    Aku baru tau kedai ini teh Ani. Dan beef burgernya juga menggoda 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunya semua terjangkau banget Mba. Burgernya enak, ada menu lainnya juga yg tak kalah enaknya tapi kopinya yang paling juara hehehe

      Delete
  6. Sering lihat di acara traveler, penasaran dengan cita rasanya.. ini kopi pahit atau manis teh?

    ReplyDelete
  7. Tehhh kapan2 ajak aku ke sini donggg... Aku suka banget kopi, pengen nyobain yg unik2 gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuu ntar kita rame rame bikin acara di sana ya :)

      Delete
  8. Wah ini kopinya pasti beda banget ma yg lain. Di masak pakai pasir panas? Kek gimn ya rasanya. Penasaran banget. Nanti deh klo ke Tangerang mau mapir kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya lebih asyik mba, bisa experience juga kita bikin kopi sendiri di sana :)
      Yuk kalo ke sini mampir ya Mba

      Delete
  9. Waah jauuh di ciputat. Boleh juga nih dicoba, teh. Karena cara masaknya yang unik dan harga murah banget. Ga sampai 10rb. Apalagi ada bagian yg diberikan ke anak yatim. Nanti kalau pas main ke cirendeu mampir ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba nilai plus nya jajan di sini bisa sambil beramal

      Delete
  10. Harganya bersabat ya teh..enak nih ngopi latte feat burgernya..

    ReplyDelete
  11. Wahh unik banget teh, nemu aja tempat nongkring yg asyik

    ReplyDelete
  12. Wah bikin ngiler utk minum kopi nih.. Di cuaca yg dingin..

    ReplyDelete
  13. Aku paling suka kalau sebelum beli kopi bisa diedukasi sm orangnya. lumayan, selain nambah pengetahuan nambah kenalan juga. Makasih teh uda sharing :D

    ReplyDelete
  14. Tentunya pasirnya panas agar kopi mendidih. Menarik dari sisi bisnis dan cara ngopi, setelah ada kopi joss di Yogyakarta. Minum kopi banyak cara untuk memikat pelanggan. Sukses.

    ReplyDelete
  15. Sebagai penikmat kopi, bisa ngebayangin gimana wangi kopinya dan iya...kopi bikin fresh.

    ReplyDelete
  16. Wah enak banget nih Teh. Aku suka kopi Turki yg pake bumbu rempah. Baunya wangi lagi teh.

    ReplyDelete
  17. Pernah lihat cara buat kopi seperti ini di Instagram. Jadi pengen lihat langsung tapi jauh di Turki. Eh, ternyata udah ada di Indonesia dan dekat juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya naik kereta aja kalo mau ke sana. Turun di stasiun pasar minggu

      Delete
  18. Kopi rempah yang dari Turki menarik untuk dicoba. Semoga usaha beliau berkah ya Teh, karena di sini juga saluran bagi rezeki anak anak yatim

    ReplyDelete
  19. Sebagai pecinta kopi, saya penasaran banget pengin coba kopi yg dimasak unik ini. Ditambah harganya yang murah meriah, duh makin mupeng saya,Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba ini lokasinya strategis banget. Dekat ke Lebak Bulus

      Delete
  20. Jadi pengen mampir, nemenin suami nyobain ngopi di sini.

    ReplyDelete
  21. Aku bukan penikmat rasa kopi
    Aku adalah penikmat aroma kopi
    Sukaaaaa sekali wangi kopi yang baru diseduh, kayaknya menenangkan jiwa banget

    Jadi pengen mampir ke sini deh
    Pasti aroma kopi menguar di udara

    ReplyDelete
  22. Teteh aku mupeng banget. Aku udah lama pengin nyobain kopi Turkish huhuhu

    ReplyDelete
  23. Kopi Turki pembuatan nya unik ya pake pasir. Penasaran sama rasa kopi turki nya. Biasanya aq klo beli kopi paling latte atau cappucino.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo beli kopi usahakan semua varian dicoba Mba biar nambah experience nya

      Delete
  24. Wah saya penyuka kopi banget ini, apalagi yang dimasak dengan cara unik gitu. Bikin penasaran.

    ReplyDelete
  25. Soal kopi memang saya gak begitu update, tapi ini pengetahuan banget. Baru tana nama kopi pasir turkish. Tapi ini menarik juga, mulai dari pengolahannya sampai jadi. Dan saya jadi tahu lengkapnya ini cerita. Karena dari foto yang ada, beberapa pernah lihat waktu teh Ani post di instagram.

    Jadi ngawang2 rasanya gimana ya.he
    Di musim hujan gini asik banget nih minum kopi. Goreng pisang tambahannya apalagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sanaselain kopi ada juga camilan ringan buat temen kopi nya :)

      Delete
  26. dduhhh jadi pengen ke sini... cusss ah masukin list..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free WIFI Mba ayo ke sana sambil ngerjain PR hehehe

      Delete
  27. Pas ke Turki, sempet nyicipin kopi kumda (kopi pasir) ini. Haruuumnya, bikin aku yang ga doyan kopi jadi penasaran.
    Btw, burgernya tampangnya menggiurkan banget. Jadi mupeng mau ke sana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumahnya di mana Mba? Ke sana aja soalnya strategis mudah ditemukan tempatnya

      Delete
  28. Sebagai keluarga yang tidak ngopi, ini jadi nambah ilmu dan wawasan. Kami tidak minum kopi tapi kami jadi tahu apa itu ibrik. Hehehe...

    ReplyDelete
  29. Cara bikin kopinya unik bener, sih. Jadi penasaran pengen lihat langsung. Trus itu burgernya, ampuuuun tampak enak bangeeet

    ReplyDelete
  30. Aku penikmat kopi sebenarnya,
    tapi setelah gulaku naik, harus dibatasi nih
    sekali2 gpp lah nyobain nih hehe
    Salam kenal Mbak :)

    ReplyDelete
  31. Wahh ak sangat suka banget kalo soal kopi mah, apalagi kopi yang langsung dari biji kopinya gitu beuhh nikmat abis bos

    ReplyDelete
  32. pengen punya usaha kaya gini tapi ga ada yang ngajarin :D

    ReplyDelete